12 Gejala Penyakit Sipilis

Seperti apa sih gejala penyakit sipilis itu? Gejala penyakit sipilis umumnya di bedakan menjadi dua yaitu gejala penyakit sipilis pada pria dan juga gejala sipilis pada wanita. Karena sipilis meskipun bakteri penyebabnya sama, namun gejala yang timbul pada pria dan wanita memiliki perbedaan yang mencolok.

Penyakit sipilis berdasarkan Usia sejak terinfeksi di bedakan menjadi 3 yaitu sipilis primer, sekunder dan tersier. semakin lama infeksi sipilis di biarkan, semakin bertambah parah penyakit yang di deritanya dab pengobatannya pun akan memakan waktu yang cukup lama.

Gejala sipilis berdasarkan jenis kelamin yaitu:

Gejala Sipilis Pria

Pria yang tertular penyakit sipilis memiliki Gejala :

  • Keluarnya cairan nanah dari penis pada laki-laki.
  • Nyeri selama hubungan seksual atu pada saat buang air kecil.
  • Kerongkongan terasa sakit atau ada luka kerongkongan pada orang-orang dengan oral sex.
  • Nyeri pada daerah sekitar anus pada orang-orang dengan anal sex.
  • Luka memerah tanpa rasa sakit pada daerah kelamin, anus, kerongkongan dan atau lidah.
  • Bintik merah pada kulit dan bersisik pada telapak tangan dan telapak kaki.
  • Urine atau air kencing berwarna gelap, feses berwarna terang, mata dan kulit berwarna kuning.
  • Timbul lepuh kecil pada daerah kelamin yang berubah menjadi koreng (kerak kering pd luka).
  • Gejala infeksi yang aneh, lelah yang tidak dapat dijelaskan mengapa, keringat malam, berat badan menurun.
  • Pembengkakan pada kelenjar limfe, demam dan nyeri atau rasa sakit pada seluruh tubuh.

Gejala Penyakit Sipilis Pada Wanita

Pada wanita yang terkena sipilis memiliki Gejala:

  • Keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kencing dan atau liang senggama (
  • Keputihan yang banyak, berbau amis, berwarna putih kehijauan )
  • Rasa nyeri ketika kencing atau saat berhubungan seksual
  • Rasa gatal di alat kelamin atau sekitarnya
  • Adanya Lecet, luka kecil ( kadang ada yang tidak terasa sakit ) yang disertai dengan pembengkakan kelenjar getah bening
  • Adanya perubahan warna kulit dan mata

Gejala penyakit sipilis berdasarkan usia infeksi yaitu:

Sipilis Primer

Penyakit sipilis primer pada laki-laki di tandai gejalanya disekitar corona glandis dan urethra, sedang pada wanita lesi primer ini didapatkan pada labia, perineum, dinding vagina atau pada serviks uteri. Di sekitar lesi primer akan didapatkan pembesaran kelenjar limfe regional yang tidak nyeri.

Kelainan klinis pada lues I berupa ulkus durum. Adanya bakteri Treponema pallidum pada Sipilis primer ini dapat diperlihatkan pada bahan pemeriksaan dari penderita yang belum diberi pengobatan. Bakteri dapat ditemuakan pada lesi local dalam waktu 6-24 jam. Semasa waktu inkubasi dan satu hari setelah timbulnya lesi primer, antibody masih belum terbentuk dan adanya antibody baru dapat dideteksi 30 hari setelah timbulnya lesi primer. Lesi primer pada lues I ini dapat sembuh sendiri dalam waktu 10-40 hari tanpa diberi pengobatan.

Sipilis Sekunder

Sipilis sekunder timbul dalam waktu 2-10 minggu setelah lesi primer sembuh, rata-rata sekitar 3 bulan. Kelainan yang timbul pada kulit dan mukosa berupa lesi-lesi yang sangat infeksius, dengan Gejala :

  • Rash makulo popular di seluruh tubuh, terutama pada tempat-tempat yang basah seperti : aksila mulut, genitalia, dan anus. Pada tempat-tempat yang lembab tersebut juga timbul kelainan yang disebut condylomata lata;
  • Gejala-gejala lain yang timbul dapat berupa febris, sakit kepala, sakit pada tenggorokan, limfadenopathi umum, dan mungkin pula disertai kelainan pada ginjal, arthritis dan athralgia.
  • Lesi sekunder akan hilang dalm waktu 3-12 bulan kemudian timbul dan menghilang berulang-ulang selama sekitar 4-5 tahun. Tes serologis pada Sipilis sekunder memberikan hasil positif.

Sipilis Tersier

Sekitar 3-10 tahun setelah Sipilis sekunder, pada penderita akan ditemukan adanya lesi granulomatous yang disebut gumma. Kelainan ini sifatnya local daan ditemukan pada kulit, tulang, dan hepar. Terbentuknya gumma ini kemungkinan sebagai akibat dari reaksi hipersensitif tipe lambat terhadap bakteri Treponema, walaupun mekanismenya yang jelas belum diketahui.

Lues III disebut juga late latent syphilis. Lues III memberikan hasil positif sekita 60-70% terhadap tes-tes serologis terhaadap Sipilis. Hasil tes serologis terhadap cairan spinal dapet positif, meskipun untuk serum memberikan hasil yang negative.

Gejala klinis dari Sipilis tersier antara lain, berupa :

  1. Sipilis kardiovaskuler,
  2. NeuroSipilis,
  3. Sipilis kongenital.
  4. Sipilis kardiovaskuler

Umumnya, 10-40 tahun setelah Sipilis primer pada penderita yang tidak diberi pengobatan akan timbul Sipilis kardiovaskuler. Dalam hal ini, biasanya yang terserang adalah pembuluh-pembuluh darah besar pada jantung, misalnya aorta. Akibat keradangan yang terjadi, menyebabkan aneurisma pada aorta atau kelainan klep dari aorta, sehingga akan terjadi insufficiency jantung.

Berikut ini Obat Tradisional Gejala Penyakit Sipilis:

Obat Gangjie

Gangjie bahan utamanya yaitu Sambiloto yang merupakan tumbuhan berkhasiat obat untuk mengatasi gejala penyakit sipilis. Tanaman ini merupakan terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan Jawa.

Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Ghosiah

Ghosiah bahan utamanya terbuat dari Lumbricus rubellus atau di indonesia di kenal dengan cacing tanah, mungkin terlihak menjijikan, tapi khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit itu cukup ampuh. Cacing tanah adalah nama yang umum digunakan untuk kelompok Oligochaeta, yang kelas dan

subkelasnya tergantung dari penemunya dalam filum Annelida.
Cacing tanah merupakan makhluk yang telah hidup dengan bantuan sistem pertahanan mereka sejak fase awal evolusi, oleh sebab itu mereka selalu dapat menghadapi invasi mikroorganisme patogen di lingkungan mereka.

Penelitian yang telah berlangsung selama sekitar 50 tahun menunjukkan bahwa cacing tanah memiliki kekebalan humoral dan selular mekanisme. Selain itu telah ditemukan bahwa cairan selom cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein dan pameran beberapa aktivitas biologis sebagai berikut: cytolytic, proteolitik, antimikroba, hemolitik, hemagglutinating, tumorolytic, dan kegiatan mitogenic.

Bersih Darah

Bersih Darah dalam pengobatan penyakit ini berfungsi untuk membersihkan darah dari virus-virus yang menginfeksi pada bagian tubuh anda. adapun bahan yang terkandung di dalamnya salah satunya yaitu Tinospora Crispa Atau lebih di kenal dengan Brotowali. Bratawali, brotowali, atau akar aliali (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff.f.; juga T. cordifolia (Thunb.) Miers dan T. rumphii Boerl.) adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan.

Rebusan batangnya yang terasa sangat pahit biasa dijadikan obat rematik, mengurangi gula darah, menurunkan panas, dan membantu mengurangi gejala kencing manis. Di Indonesia, selain dikenal dengan nama bratawali, tanaman ini juga dikenal dengan nama daerah andawali, antawali, putrawali atau daun gadel. Klasifikasi dari tanaman ini termasuk kedalam famili tanaman Menispermaceae. Tanaman ini kaya kandungan kimia antara lain alkaloid (berberina dan kolumbina yang terkandung di akar dan batang, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), kokulin (pikrotoksin).

Pipeca

Pipeca bahan utamanya terbuat dari sirih merah, Sirih merah adalah tumbuhan merambat yang ditanam orang karena khasiat pengobatan dan juga keindahan daunnya. Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan sirih maupun lada.

Nama ilmiah tumbuhan asal Sulawesi ini adalah Piper ornatum, namun beberapa pustaka mengacaukannya dengan Piper crocatum, tumbuhan yang tidak dibudidayakan yang berasal dari benua Amerika. Dan sirih merah juga dapat digunakan sebagai obat diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit.

Salep Plus

Salepplus ini di gunakan untuk pengobatan gejala sipilis yang berbentuk sperti jerawat, khasiat dari salep ini untuk mengeringkan bagian yang terluka bentol-bentol. dengan menggunakan salep ini, insyaaAlloh luka bentol yang berbentuk seperti cacar ait itu akan segera mengering.

Di Bawah ini Cara mengatasi Gejala Sipilis Secara Alami:

Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Baca Bawang Putih Obat Sipilis.

untuk membantu menyembuhkan gejala penyakit sipilis, caranya dengan menelan bulat-bulat bawang putih. sekali makan 3 siung bawang x 3 sehari. jika anda tidak dapat menelan bulat-bulat, bawang dapat di iris tipis-tipis dan di campur dengan air untuk meminumnya agar lebih mudah. lakukan secara teratur, insyaaAlloh dapat menyembuhkan penyakit sipilis anda. segera ke dokter jika keadaan memburuk.

Sirih Merah

Cara mengatasi gejala sipilis menggunakan daun sirih merah hanya untuk sipilis primer, anda dapat mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini di mulai dari menyiapkan bahan-bahannya:

30 lembar daun sirih beserta tangkainya
5 gelas air
1/4 Kg Gula Aren
1 Sendok makan garam dapur
Kemudian siapkan:
saringan
baskom
panci
dan juga kompor

Setelah semua tersedia, mari kita mulai membuat ramuannya. adapun langkah-langkahnya :

masukan 5 gelas air ke dalam panci
masukan 30 lembar daun sirih ke dalam panci
kemudian masukan 1/4 Kg gula aren ke dalamnya
dan yang terakhir masukan 1 Sdm garam dapur ke dalam panci
lalu nyalakan kompor dan rebus hingga mendidih
setelah mendidih saring rebusan daun sirih dan tuangkan ke dalam baskom
setelah penyaringan jadilah ramuan untuk mengobati sipilis yang sudah jadi

Adapun cara pemakaiannya :

Minum ramuan ini 3x sehari pada pagi, siang dan malam hari masing-masing 1 gelas
lakukan secara terus menerus sampai gejala sipilis primer menghilang